Thursday, March 20, 2014

Browse » home» » » » » » » Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21

Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21

Khususnya di daerah perkotaan, kepadatan penduduk menjadi salah satu masalah yang membuat lahan hunian semakin sempit. Mau tidak mau masyarakat harus berkreasi untuk rumah idaman mereka dengan kondisi keterbatasan tersebut. Terlebih lagi, konsep rumah sudah begitu berkembang mengikuti kebutuhan masyarakat, khususnya masyarakat perkotaan. Rumah tetap dapat terasa nyaman dan indah asalkan dikonsep dengan cermat. Salah satunya adalah dengan konsep denah rumah minimalis type 21. Dengan denah rumah minimalis type 21, persoalan keterbatasan lahan bisa diatasi tanpa harus mengorbankan keindahan dan kenyamanan.

Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21

konsep denah rumah minimalis type 21 memang tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membuat rumah. Rumah pun tetap akan terlihat menawan dan terasa lapang sekalipun luas rumah hanya 21 meter persegi. Keterbatasan dana dan lahan tidak menjadi persoalan yang berat saat hendak membangun rumah minimalis type 21. Perabotan bisa dipilih berdasarkan kebutuhan saja. Perabotan juga bisa merupakan perabotan multifungsi, misalnya membuat meja sebagai tempat untuk menaruh barang di atasnya sekaligus sebagai tempat penyimpanan. Dengan minimnya perabotan, dana yang tersisa dari pembangunan rumah dapat digunakan untuk kepentingan lainnya. 

Penataan ruang dalam denah rumah minimalis type 21 harus benar-benar cermat. Terbatasnya lahan membuat jumlah ruangan perlu ditentukan berdasarkan kebutuhannya saja. Untuk konsep denah rumah minimalis type 21 dengan satu lantai, biasanya terdiri dari satu ruang tamu yang sekaligus berfungsi sebagai ruang keluarga, satu ruang tidur, satu kamar mandi, dan satu dapur. Selain kamar tidur dan kamar mandi, antara ruang tamu dan dapur biasanya tidak diberi sekat dan pintu, karena hanya akan membuat rumah menjadi terlihat sempit. Ruangan yang sempit tidak hanya menimbulkan kesumpekan namun juga akan berpengaruh pada intensitas cahaya dan udara di dalam rumah. 

Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21 (2)
Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21 (3)
Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21 (4)
Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21 (5)
Konsep Denah Rumah Minimalis Type 21 (6)

Bagian luar pada konsep denah rumah minimalis type 21 juga perlu diperhatikan. Sebuah taman kecil bisa direncanakan di depan rumah. taman ini nantinya juga akan menjadi salah satu ruang hijau di rumah. Sempitnya lahan tentu akan berpengaruh pada sirkulasi udara. Dengan keberadaan ruang hijau, udara segar di sekitar rumah akan lebih banyak sehingga membuat rumah semakin sejuk. Sebuah teras bisa dibuat di depan rumah sebagai tempat untuk beristirahat. Jika memang masih ada lahan tersisa, di bagian belakang bisa dibuatkan sebuah ruang hijau lainnya.

Demikianlah konsep denah rumah minimalis type 21. Anda dapat bereksperimen lebih jauh untuk desain denah rumah minimalis anda sendiri. Selain pengaturan ruangan interior maupun eksterior rumah, hal-hal lain yang berkaitan dengan material, aksesoris, dan pemilihan warna cat juga penting. Pastikan bahwa desain eksterior dan interior rumah serasi. Setiap bagian rumah merupakan satu kesatuan yang saling menunjang, mulai dari taman, teras, ruangan tamu, dapur, ruang makan, bahkan atap rumah.

No comments:

Post a Comment